Bannerad

Saturday, March 2, 2013

Bretton Woods





Bretton Woods adalah kota kecil di Negara Bagian New Hamshire, Amerika Serikat, di dekat White Mountain National Forest. Pada 1 Juli-22 Juli 1944 di kota ini, di Hotel Mount Washington diselenggarakan sebuah koferensi yang dihadiri oleh 730 delegasi dari 44 negara. Konferensi ini menghasilkan kesepakatan tentang aturan, institusi, dan prosedur sistem moneter internasional, yang kemudian melahirkan tiga institusi keuangan dunia yaitu  Dana Moneter Internasional, Bank Dunia, dan Organisasi Perdagangan Dunia. Anda bisa membaca lebih lanjut hal ikhwal Bretton Woods di situs Wikipedia.
Saya sih lebih tertarik pada hal-hal yang mungkin luput dari perhatian umum, atau sepintas tidak ada saling keterkaitannya, tapi sebetulnya sarat dengan teka-teki, penuh misteri, dan menarik untuk diinvestigasi.
Pertama, konferensi itu ‘kan diselenggarakan pas pada saat Perang Dunia II sedang seru dan hebat-hebatnya berkecamuk, ya di medan perang Eropa-Atlantik, ya di medan perang Asia-Pasifik; dan waktu itu ‘kan amat sangat belum ketahuan, siap yang bakal menang siapa yang bakal kalah, bukan? Tapi kok bisa-bisanya, ya, 730 delegasi dari 44 negara, hadir bareng di Bretton Woods sana? Ini keanehan pertama, seperti ada sutradara yang mengatur.
Kedua, walau pun waktu 1944 itu Amerika Serikat belum tentu menang perang bersama Sekutu, tapi sejarah mencatat bahwa akhirnya seluruh delegasi sepakat bahwa nilai mata uang tiap negara ditentukan oleh seberapa besar masing-masing negara punya emas di bank sentralnya masing-masing, dan besar kecilnya cadangan emas negara itulah yang menentukan seberapa besar nilai mata uangnya tatkala di-kurs ke dalam US dollar. Jadi, US dollar jadi acuan dunia. Itulah inti dari Bretton Woods System.
Tapi anehnya lagi, 27 tahun sesudah itu (1971), justru Presiden Nixon yang menyatakan bahwa Amerika Serikat ke luar dari Bretton Wood System. Ada apa ini? Pasti ada sebab musababnya, bukan? Mungkinkah AS ke luar dari Bretton Woods karena tabungannya tekor gara-gara membiayai perang dingin dengan Uni Soviet? Mungkinkah duitnya tambah jebol gara-gara balapan dengan Uni Soviet juga dulu-duluan mendaratkan manusianya ke bulan? Mungkin jugakah duit negara menipis gara-gara perang Korea dan perang Vietnam dalam konteks teori domino melawan komunis?
Ketiga, who know.... mungkin semua itu benar dan gara-gara sebab-sebab tersebut di atas pemerintah Amrik mencetak duit anyar terus menerus sampai kebablasan melebihi nilai cadangan emasnya, lalu mbalelo?

No comments:

Post a Comment